Senantiasa mengalami tuntunan Ilahi

Senantiasa mengalami tuntunan Ilahi

BACAAN HARI INI
Ibrani 13:5-16

RHEMA HARI INI
Ibrani 13:5b “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Tuhan yang kita sembah bukanlah Tuhan yang abai terhadap umat-Nya. Dia adalah Tuhan yang senantiasa menuntun anak-anak-Nya, bahkan tuntunan-Nya begitu terperinci dan detail. Ini semata-mata Dia lakukan karena kasih-Nya yang begitu dalam pada kita.

Saat Tuhan hendak membinasakan bumi dengan air bah, Dia memerintahkan Nuh yang ingin Dia selamatkan untuk membuat sebuah bahtera. Bukan hanya sekedar memerintahkan, Tuhan menuntun Nuh detail demi detail apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Mulai dari jenis kayu yang digunakan, bentuk bahtera yang akan dibuat, ukuran bahtera, sampai cara membuatnya. Melihat begitu terperincinya Tuhan menuntun Nuh, apakah itu berarti Tuhan tidak punya pekerjaan lain sampai mau repot menuntun Nuh sedemikian detailnya? Bukankah Tuhan cukup memerintahkan Nuh membuat bahtera, kemudian membiarkan Nuh membuatnya sendiri sesuai kreatifitasnya?

Sebagai Raja di atas segala raja, tentu Tuhan bukan hanya mengurus Nuh seorang. Alam semesta juga butuh Tuhan. Namun, Tuhan tidak mau membiarkan dan meninggalkan umat-Nya begitu saja. Dia lebih memilih memberikan tuntunan kepada umat-Nya pribadi lepas pribadi. Bukan hanya dalam perkara yang besar, tetapi juga dalam perkara yang kecil. Di masa sekarang ini, tuntunan Tuhan dinyatakan dalam berbagai hal dalam hidup kita. Mungkin itu tuntunan dalam memilih pekerjaan yang tepat, memilih pasangan hidup, maupun memilih rekan bisnis. Atau dituntun cara mengembangkan komsel, mengembangkan pelayanan, dan masih banyak tuntunan lainnya.

Seperti Nuh yang selamat dari air bah karena mengikuti tuntunan Tuhan, maka saat kita taat pada tuntunan Tuhan, kita pun akan mengalami keselamatan, kelegaan, kelepasan, kemenangan, terobosan. Segera ambil komitmen untuk tetap percaya bahwa Tuhan tidak akan membiarkan dan meninggalkan kita. Kita pun bisa senantiasa mengalami-Nya lebih dalam lagi lewat tuntunan-tuntunan-Nya.

RENUNGAN
Tuhan kita BUKANLAH Allah yang SUKA MEMBIARKAN seseorang, tetapi Dia adalah TUHAN YANG SUKA MENUNTUN umat-Nya.

APLIKASI
1. Apakah Anda menyadari bahwa Tuhan menyatakan kasih-Nya yang dalam lewat tuntunan demi tuntunan-Nya dalam hidup Anda?
2. Apa tuntunan Tuhan yang pernah Dia nyatakan dalam hidup Anda? Apa respons Anda saat Tuhan menyatakan tuntunan-Nya?
3. Apa yang Anda alami saat taat pada tuntunan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk setiap penyertaan-Mu dalam kehidupan kami. Kami mau terus berada dalam tuntunan-Mu, sehingga kami bisa terus merasakan kasih-Mu yang begitu dalam. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.