Mendengar dan mengikuti tuntunan-Nya yang ajaib

Mendengar dan mengikuti tuntunan-Nya yang ajaib

BACAAN HARI INI
Mazmur 31:1-25

RHEMA HARI INI
Mazmur 31:4-5 Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku. Engkau akan mengeluarkan aku dari jaring yang dipasang orang terhadap aku, sebab Engkaulah tempat perlindunganku.

Bulan ini terasa berat bagi Lila. Bagaimana tidak, setelah menerima gaji dari perusahaannya, ia menggunakan uangnya untuk membayar tagihan-tagihan. Mulai dari biaya sekolah anaknya, tagihan listrik, air, cicilan kendaraan, dan cicilan rumah. Belum ada dua minggu, gajinya sudah habis tak bersisa. Ia sempat berpikir, apa yang harus dilakukan untuk mencukupi kebutuhannya dalam dua minggu ke depan. Secara manusia, Lila bisa putus asa dan menyerah, tetapi ia ingat, ia punya Tuhan yang lebih dari segalanya. Akhirnya, Lila pun mencari Tuhan dan berserah kepada-Nya. Hebatnya, dengan cara-Nya yang ajaib, Tuhan membuka jalan. Ada saja berkat yang Tuhan kirimkan bagi Lila dan keluarganya, sehingga sisa dua minggu itu menjadi minggu penuh mujizat.

Terkadang, jalan Tuhan berbeda dengan jalan kita, rancangan-Nya pun berbeda dengan rancangan kita. Namun ketahuilah, Tuhan izinkan kita mengalami masalah dan pergumulan untuk menunjukkan penyertaan-Nya bagi kita. Tuhan ingin kita menyadari bahwa Dia tidak pernah merencanakan sesuatu yang akan mencelakakan kita, tetapi hanya rancangan damai sejahtera yang memberikan hari depan penuh harapan bagi kita (Yer. 29:11). Artinya, Tuhan sudah mengetahui apa yang akan terjadi dan kita alami di depan sana. Seperti yang dialami Maria dan Yusuf, orang Majus dari Timur, atau para Gembala, mereka semua mengalami perkara yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Semua itu Karena mereka mendengar suara Tuhan dan mengikuti tuntunan-Nya yang ajaib.

Oleh karena itu, di penghujung tahun 2018 dan memasuki tahun 2019 ini, marilah kita mendekat kepada Tuhan yang memberikan tuntunan ilahi, sehingga kita bisa mengalami perkara-perkara dasyat bersama-Nya. Meskipun iblis sudah menyiapkan banyak perangkap bagi kita, entah dosa, kegagalan, kebangkrutan, dan semua hal negatif, percayalah kepada Tuhan saja. Cukup mendengar dan mengikuti tuntunan-Nya yang ajaib, maka kita akan memperoleh keselamatan dan mengalami kemenangan. (LEW)

RENUNGAN
Jika kita mendengarkan SUARA TUHAN serta mengikuti TUNTUNAN-NYA YANG AJAIB, kita akan mengalami KESELAMATAN dan KEMENANGAN.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah bisa membedakan suara Tuhan dengan yang bukan dari Tuhan? Bagaimana caranya?
2. Dalam hal apa Anda mengikuti tuntunan Tuhan yang ajaib dalam hidup Anda?
3. Apa komitmen Anda supaya bisa semakin peka mendengar suara Tuhan dan lebih mengikuti tuntunan-Nya yang ajaib? Sebutkan!?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, terima kasih karena Engkau telah memberikan tuntunan-Mu yang ajaib bagi kami. Berikan kami kepekaan lebih lagi untuk mendengar suara-Mu, ya Tuhan, agar kami semakin mengalami keselamatan dan kemenangan yang dari pada-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.