Dengarlah panggilan-Nya

Dengarlah panggilan-Nya

BACAAN HARI INI
Yohanes 16: 4-15

RHEMA HARI INI
Yohanes 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Desember telah tiba. Nuansa Natal begitu kental terasa. Kidung Natal lirih mengalun mendamaikan jiwa. Hati bersorak bersukacita. Tetapi, semua suasana itu tidak didapati Jonas. Hatinya tertutup, kosong, dan tawar. Ia merasakan ada ketidakberesan dalam dirinya. Ia sudah berusaha berdoa, tetapi selalu tidak fokus, pikirannya malah melantur. Toni, sahabat Jonas, kemudian mengajaknya ke Pondok Daud. Di situlah akhirnya Jonas bisa kembali merasakan komunikasi intim dengan Roh Kudus. Ia dapat bersungguh-sungguh berdoa dan melepaskan semua beban pikirannya. Ketika Roh Kudus hadir, Jonas tidak bisa lagi membendung air matanya. Hatinya menjadi terbuka, badannya bergetar, dan ia sujud tersungkur. Suara Tuhan terdengar jelas di hatinya.

Tuhan Yesus memberitahukan kepada murid-murid-Nya tentang Roh Kebenaran yang akan memimpin ke dalam seluruh kebenaran. Roh itu akan menyatakan kepada orang percaya semua hal yang diterima-Nya dari Kristus. Karya Roh itu akan dinyatakan ketika hidup orang percaya dipenuhi dengan Roh Kudus. Kehadiran-Nya, kasih-Nya, pengampunan-Nya, kekudusan-Nya, kuasa-Nya, semua karunia rohani, mujizat-Nya, dan segala hal yang sudah ditetapkan untuk menjadi milik kita melalui hubungan kita dengan Kristus dinyatakan-Nya dalam hidup kita.

Tuhan sangat rindu untuk berbicara dengan kita. Namun, sering kali kita tidak dapat mendengarkan suara-Nya dengan jelas akibat belenggu permasalahan hidup. Jika kita ingin lebih jelas dan lebih peka untuk mendengar suara Tuhan maka kita harus hidup penuh dengan Roh Kudus. Ketika kita penuh dengan Roh Kudus maka dimensi spiritual dalam hidup kita akan terbuka lebih besar, sehingga bisa menangkap pesan dari Roh Kudus. Lepaskanlah semua atribut dunia untuk merendahkan diri di hadapan Tuhan, supaya kita bisa fokus mendengar suara-Nya. Ketika dengan tulus dan setia kita mencari kehendak-Nya, kita pasti akan merasakan setiap tuntunan-Nya yang akan membawa kita menuju kemenangan yang gilang-gemilang.

RENUNGAN
Tuhan sangat rindu untuk BERBICARA dengan kita, tetapi kita belum dapat MENDENGARKANNYA DENGAN JELAS sampai ROH KUDUS MEMENUHI kita.

APLIKASI
1. Apakah yang selama ini menghalangi Anda untuk mendengar suara Tuhan?
2. Apa langkah-langkah yang harus Anda ambil agar bisa peka mendengar suara Tuhan?
3. Apa komitmen Anda supaya dapat terus diperbarui dengan kuasa dari Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau selalu rindu untuk berbicara dan memberkati kami. Ampuni kami yang sering kali tidak bisa mendengar suara-Mu karena kelemahan dan keterbatasan kami. Ajarkan kami untuk selalu tulus dan setia mencari-Mu. Berikanlah Roh Kudus-Mu agar kami mampu mendengarkan suara-Mu dengan jelas dan menikmati hadirat-Mu. Masuklah dalam hati kami dan perbaharuilah kami dengan hati yang selalu melayani-Mu lebih sungguh. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.