Bersukacitalah atas berita natal

Bersukacitalah atas berita natal

BACAAN HARI INI
Matius 1:18-25

RHEMA HARI INI
Matius 1:21 Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.”

Suatu kali, di hari Natal, Melkior kecil memakai baju terbaiknya dan ingin merayakan Natal di gereja bersama teman-temannya. Namun, ia diusir karena berasal dari keluarga miskin. Sejak saat itu, Melkior berjanji tidak akan pernah menginjakkan kakinya lagi di gereja. Ketika beranjak dewasa, ia hidup dengan mencuri, merampok, dan mencopet. Ia merasa tidak membutuhkan siapa-siapa, bahkan Tuhan sekalipun. Sampai ia tertangkap dan hampir dibakar. Dalam ketakutannya, Melkior ingat satu Pribadi yang selama ini ia hujat dan ia tinggalkan, yaitu Yesus. Mujizat pun terjadi, ia tidak jadi dibakar.

Setelah dipulihkan dan dibaptis, Melkior mengalami cobaan kembali. Ia harus masuk penjara. Ia sempat protes, kenapa saat ia mengikut Tuhan, banyak hal sulit yang harus ia alami? Ia pun berlutut dan berdoa, meminta Tuhan agar ia bisa merasakan suasana Natal seperti yang pernah dialaminya dahulu. Saat itulah, ia merasakan tangan besar dan hangat memeluknya. Mujizat pun ia alami kembali. Ia dibebaskan tepat dua minggu sebelum Natal di tahun 2009. Setelah 20 tahun hidup di dunia kejahatan, untuk pertama kalinya Melkior merasakan Natal yang sebenarnya, karena Yesus telah lahir di hatinya dan menyelamatkannya. Hidup Melkior pun kini dipakai untuk melayani orang-orang di jalanan dan ia membagikan kasih serta perhatiannya kepada mereka.

Ya, Natal adalah tentang berita keselamatan. Keselamatan yang diberikan secara cuma-cuma kepada semua umat manusia. Karena Tuhan Yesus begitu mengasihi kta yang berdosa. Kita yang harusnya kena kutuk, sakit, gagal, binasa, diubah-Nya menjadi terberkati, sehat, berhasil, dan menjadi selamat. Itulah bukti kasih Yesus yang begitu besar bagi kita. Oleh karena itu, kita perlu lebih mengenal dan mengalami Tuhan lebih dalam lagi dan menerima keselamatan secara pribadi. Keselamatan tidak bisa titip, keselamatan adalah hubungan kita dengan Tuhan secara langsung. Setelah itu, barulah kita harus membagikan kabar keselamatan itu kepada orang lain, sehingga mereka pun menerima berita Natal ini, bahwa Yesuslah Allah yang menyelamatkan. (LEW)

RENUNGAN
Yesuslah ALLAH YANG MENYELAMATKAN, bersukacitalah atas BERITA NATAL ini!

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mengalami dan bersukacita atas keselamatan yang Tuhan berikan? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Jika Yesus sudah lahir ke dunia untuk menyelamatkan hidup Anda, apa yang akan Anda lakukan?
3. Bagaimana seharusnya Anda meresponi berita Natal ini? Sebutkan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur untuk berita Natal terbaik yang Engkau berikan kepada kami. Terima kasih karena Engkau telah menyelamatkan kami.Tuntun kami agar selalu hidup dalam keselamatan yang Engkau sediakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.