Panggilan setiap pengikut Kristus

Panggilan setiap pengikut Kristus

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 21:1-9

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 21:8 Kemudian kami meneruskan perjalanan ke Kaisarea dan tinggal di rumah Penginjil Filipus, salah seorang dari ketujuh diakon yang pertama. (FAYH)

“Kak Sella, sepupuku ada yang belum kenal Tuhan. Kapan-kapan tolong injili dia ya,” kata Nadia ketika sedang makan bersama KKS-nya. Dengan santai, sang KKS menjawab, “Lho, kenapa nggak kamu saja, Nad? Kan, dia sepupumu.” Mendengar itu, Nadia hampir saja keselak, “Kak Sella bercanda. Aku ini cuma usher, bukan pembicara seperti kakak. Bagianku senyum dan salamin jemaat. Kalau disuruh nginjilin orang, lidahku bisa kegigit.”

Saat kita memikirkan tentang tugas penginjilan, seberapa banyak dari kita yang berpikir seperti Nadia? Dengan berbagai macam alasan, kita berusaha mengelak. Kita merasa tugas penginjilan bukanlah tanggung jawab kita, tetapi orang-orang terpilih seperti pendeta, pembicara rohani, atau yang profesinya memang bergerak di bidang kerohanian. Mungkin juga karena kita merasa tidak percaya diri seperti Musa (Kel. 4:10). Atau seperti Yeremia yang masih muda (Yer. 1:6). Kita merasa tidak layak dan berpikir sebaiknya orang lain yang melakukannya.

Satu hal yang perlu kita ketahui, dalam hati Tuhan, terlalu sedikit bagi kita hanya untuk melayaninya sesuai dengan talenta kita masing-masing. Dia ingin mempercayakan perkara yang lebih besar lagi kepada kita. Dia hendak menjadikan kita terang yang memancarkan kasih-Nya sampai ke ujung-ujung bumi (Yes. 49:6). Itulah yang membuat keselamatan-Nya yang telah kita terima menjadi jauh lebih bermakna. Ya, hendaknya kita menjadi seperti Yesaya, yang menangkap kerinduan hati Allah dan membuang segala ketidaknyamanan yang mungkin saja ia rasakan (Yes. 6:8). Janganlah menjadi seperti khalayak ramai yang terpesona kepada Yesus dan sekedar membuntuti-Nya ke mana saja ia pergi, tetapi jadilah seperti murid-murid-Nya yang mengikuti apa yang Yesus lakukan di dunia ini. Menyembuhkan yang sakit, memulihkan yang terluka, dan terutama, menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang. Ajukan diri untuk diutus Tuhan, maka kita pun akan mengalami Tuhan lebih dan lebih lagi semakin harinya. (MV.L)

RENUNGAN
Apa pun PELAYANAN KHUSUS kita, sebagai orang KRISTEN SEJATI, kita semua dipanggil untuk MEMBERITAKAN INJIL.

APLIKASI
1. Menurut Anda apa yang dimaksud dengan Kristen atau pengikut Kristus?
2. Mengapa Tuhan tidak ingin kita hanya menjalankan panggilan khusus kita, tetapi juga panggilan umumnya untuk memberitakan Injil?
3. Bagaimana Anda dapat mulai menjalankan panggilan-Nya untuk memberitakan Injil?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami ingin mengerti isi hati-Mu lebih lagi dari hari ke hari. Kobarkanlah hati kami dengan api Roh-Mu, agar kami senantiasa tergerak dan bergerak untuk menjalankan kerinduan-Mu dalam Amanat Agung. Sampai seluruh muka bumi ini dipenuhi sinar kemuliaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.