MENGHADAPI TANTANGAN BERAT

MENGHADAPI TANTANGAN BERAT

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 8:1-13

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 8:4-5 Mereka yang tersebar itu menjelajah seluruh negeri itu sambil memberitakan Injil. Dan Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ.

Sejak bertobat dan menjadi seorang kristen, kehidupan Dudi tidak serta-merta membaik. Justru perekonomian keluarganya terpuruk habis-habisan. Seluruh harta benda yang ia dapat saat menjadi bandar judi habis terjual. Dudi yang sekarang bekerja sebagai sales minuman ringan harus sangat berhati-hati mengatur keuangan untuk kebutuhan keluarganya. Tak jarang teman-teman lamanya mengajak kembali ke dunia perjudian. Ada pula yang mengejek, “Buat apa jadi Kristen kalau hidupmu jadi susah, Dud.” Namun, tak pernah terlintas di benaknya untuk kembali pada dunia lamanya. Ia malah tak segan-segan bersaksi akan kebaikan Yesus dalam hidupnya. Dudi sangat sadar dan merasa sangat berhutang pada Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan hidupnya dan keluarganya.

Dari zaman ke zaman, kekristenan pasti mengalami tantangan. Di zaman para rasul, jemaat mula-mula mengalami penganiayaan yang hebat. Mereka ditangkap, disiksa, dianiaya, dikucilkan, sampai dibunuh. Hebatnya, jemaat Tuhan tidak kecewa, tidak kandas imannya, tidak padam apinya, malah semakin menyala-nyala dan terus berkobar. Saat itu jemaat mulai tersebar. Bukannya takut atau menyembunyikan diri, mereka memberitakan keselamatan. Filipus malah lebih berani lagi, ia pergi ke Samaria yang notanene adalah musuh orang Israel. Filipus mendobrak tradisi, menembus perbedaan, menyudahi permusuhan, dan kembali pada ajaran firman Tuhan. Filipus menawarkan kabar sukacita sehingga orang-orang Samaria juga bisa diselamatkan.

Di tangan kitalah sekarang amanat Agung dipercayakan. Jangan pernah merasa cukup mengenal Allah, sebab kebaikan dan kekudusan-Nya tak akan pernah bisa terselami. Terus cari dan alami Tuhan lebih dalam lagi, hingga kita bisa menjadi saksi Allah yang telah menyelamatkan kita. Kita tersebar dalam berbagai posisi dan kondisi bukan tanpa alasan, tetapi supaya kita bisa memberitakan kabar sukacita dan keselamatan di mana pun kita berada. Apa pun tantangan yang kita alami, jangan pernah iman kita kandas dan kehilangan fokus untuk memajukan pekerjaan Tuhan. Kobarkan terus api Amanat Agung Tuhan, hingga sebanyak mungkin orang mengenal Yesus sang Juruselamat. (PF)

RENUNGAN
Seberat apa pun TANTANGAN yang kita alami, jangan biarkan semua itu MENGANDASKAN IMAN dan MEMADAMKAN API AMANAT AGUNG kita.

APLIKASI
1. Apa arti Amanat Agung bagi Anda? Membuat Anda berkobar-kobar atau malah sebagai beban?
2. Apa kesulitan Anda melaksanakan Amanat Agung?
3. Bagaimana supaya api Amanat Agung tetap menyala dalam hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, hanya oleh kasih karunia-Mu belaka, kami bisa memperoleh keselamatan dan kehidupan kekal. Tuhan, kami ingin menjadi saksi-saksi-Mu, menceritakan tentang kasih dan kebaikan-Mu yang telah menyelamatkan kami. Urapi dan beri kami keberanian, kobarkan api di hati kami agar kami bisa mengabarkan pada sebanyak mungkin orang yang kami jumpai. Agar mereka juga menerima keselamatan dan kehidupan kekal dalam Engkau. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.