Mengundang Yesus dalam hidup kita

Mengundang Yesus dalam hidup kita

BACAAN HARI INI
Yohanes 2:1-11

RHEMA HARI INI
Yohanes 2:1-2 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.

Hari itu seharusnya hari yang menyenangkan. Orangtua Rara merayakan ulang tahun pernikahan mereka. Sanak saudara dari tempat yang berjauhan menghadiri perayaan tersebut. Biasanya, setiap tahun hanya sedikit saudara yang bisa datang, karena jarak yang harus ditempuh memang sangat jauh. Namun, karena beberapa hari yang lalu sepupu Rara menikah di kota sebelah, banyak saudara yang sekalian menginap dan meluangkan waktu mereka. Mereka pun datang dengan membawa anak cucu. Masalahnya, makanan yang dipesan Rara hanya cukup untuk separuh jumlah orang yang bertandang di rumahnya. Katering yang menyediakan makanan pun menolak untuk memenuhi pesanan dadakan. Untung saja, seorang teman yang baru saja diundang Rara kemarin ternyata memiliki rumah makan. Ia memerintahkan anak buahnya untuk segera tutup restoran dan memasak untuk memenuhi kebutuhan acara di rumah Rara.

Jauh di masa lampau, sepasang pengantin di Kana juga melakukan kesalahan serupa. Mereka salah memperhitungkan jumlah undangan, sehingga anggur untuk perayaan berbahagia mereka pun habis sebelum waktunya. Namun, Yesus hadir sebagai salah satu undangan. Ia pun bertindak untuk menyelamatkan mereka dari rasa malu. Bahkan, ia bukan hanya mengubah air menjadi anggur biasa, tetapi anggur yang terbaik.

Sebagai manusia, kita pun kerap melakukan kesalahan. Sering kali kita melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang, hanya menuruti emosi dan keinginan saat ini. Sehingga tak jarang, kita pun menanggung akibat tak tertanggungkan. Kabar baiknya, seburuk apa pun kerusakan yang terjadi dalam hidup kita, Tuhan bisa dan mau untuk memperbaikinya. Langkah awal yang perlu kita lakukan hanyalah mengundang-Ny masuk ke dalam hidup kita dan melibatkannya dalam segala hal. Saat kita taat melangkah mengikuti-Nya, janji-janji Tuhan pun akan menjadi milik kita. Kita akan mengalami Tuhan lebih dalam lagi setiap harinya dan Dia akan bekerja dalam segala perkara untuk menggenapi janji-Nya kepada kita. (MV.L)

RENUNGAN
Selama kita MENGUNDANG YESUS untuk terlibat dalam hidup kita, Dia SANGGUP MEREKA-REKAKAN semua kesalahan kita menjadi KEBAIKAN.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengundang dan melibatkan Yesus dalam hidup dan keseharian Anda? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda perlu mengundang Yesus dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mengundang Yesus dalam hidup Anda, bahkan setiap aspek hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami undang Engkau masuk ke dalam hidup kami. Kami undang Engkau dalam segala aspek hidup kami. Hanya Engkau, ya Tuhan, yang sanggup menyelamatkan kami dari apa pun yang tengah kami alami saat ini. Kesulitan kami, penderitaan kami, air mata kami, hanya Engkau yang sanggup mengubahkannya menjadi kegembiraan. Kami mau, menyerahkan hidup kami untuk menjadi kesaksian-Mu dan memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.