Tinggal dalam firman

Tinggal dalam firman

BACAAN HARI INI
Roma 10:16-21

RHEMA HARI INI
Roma 10:17 Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Beberapa waktu lalu Dania menerima janji Tuhan bahwa Tuhan akan memberikan apa yang selama ini telah menjadi pergumulannya, yaitu sebuah tempat tinggal bagi keluarganya. Dania pun segera menangkap janji Tuhan itu, dan ia pun berjuang baik secara jasmani maupun rohani untuk meraih apa yang telah Tuhan janjikan kepadanya. Minggu demi minggu, bulan demi bulan pun tak terasa telah berlalu. Tetapi tidak ada satu pun tanda-tanda yang nampak bahwa janji-Nya akan segera tergenapi. Justru sebaliknya, kenyataan yang ada seolah-olah malah membuatnya semakin jauh dari penggenapan janji Tuhan itu.

Dania pun menjadi lemah imannya. Namun saat ia dalam keadaan terpuruk, ia datang di bawah kaki Yesus. Dan saat ia menyembah, Roh Kudus mengingatkan ayat demi ayat Firman Tuhan yang memberinya kekuatan yang baru. Dania pun kembali bangkit dalam iman percayanya. Setiap hari ia terus menerus memperkatakan ayat-ayat Firman Tuhan itu, sampai perkataan-Nya benar-benar berakar dalam hatinya dan ia tidak lagi melihat kondisinya dengan mata jasmaninya. Hingga suatu hari janji Tuhan itu sungguh-sungguh tergenapi dalam hidupnya.

Pada dasarnya kita ini adalah manusia yang lemah. Kita tidak akan dapat sendirian bertahan dalam iman tanpa kekuatan yang dari pada-Nya. Ketika kenyataan tak sesuai yang kita harapkan, ketika seolah-olah tidak ada jalan, hanya perkataan-Nya sajalah satu-satunya yang dapat menjadi sumber pegangan hidup kita. Iman pengharapan kita hanya dapat hidup dan bertumbuh apabila kita tinggal di dalam-Nya, dan Firman-Nya di dalam kita. Dan hanya ketika iman itu bertumbuh, iman akan dapat membuahkan jawaban doa dan mujizat besar.

RENUNGAN
Untuk dapat HIDUP dan BERTUMBUH dalam IMAN, kita harus TINGGAL DALAM FIRMAN

APLIKASI
1. Sudahkah iman Anda hidup dan bertumbuh?
2. Menurut Anda, mengapa kita harus tinggal di dalam Firman-Nya.
3. Apa yang dapat Anda lakukan agar iman Anda hidup dan bertumbuh sampai akhirnya berbuah?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan terima kasih untuk Firman-Mu yang selalu menopang dan menguatkan kami. Ajarkan kami untuk kami dapat senantiasa hidup di dalam Firman-Mu, ya Bapa. Sehingga iman kami dapat hidup dan bertumbuh sampai mujizat besar sungguh-sungguh kami alami dalam kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.