Kerja paksa VS Kerja sukacita

Kerja paksa VS Kerja sukacita

BACAAN HARI INI
Amsal 12:24-27

RHEMA HARI INI
Amsal 12:24 Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.

Vina sudah lama diwisuda, tetapi ia tak juga mendapatkan kerja sesuai passionnya. Akhirnya, ia bekerja di mana saja yang mau menerimanya. Setelah bekerja, ia mendapati suasana di tempat kerja itu tidak kondusif, sehingga ia mulai malas berangkat kerja. Lama-kelamaan pekerjaan itu menjadi semakin berat baginya. Namun, begitu ia pindah ke tempat baru dan di bidang yang disukainya, setiap pagi ia berangkat dengan bersemangat. Meskipun tugasnya sebenarnya lebih sulit dan melelahkan dibandingkan tempat lamanya, ia menghadapinya dengan sukacita. Tantangan dan rintangan pun berhasil diatasinya, bahkan melebihi ekspektasi pemilik perusahaan tersebut. Vina pun diberikan kepercayaan lebih lagi, sehingga ia bisa mengembangkan kreatifitasnya. Pada akhirnya, ia dipercayakan untuk mengepalai salah satu divisi di perusahaannya.

Ya, saat kita terpaksa mengerjakan sesuatu, tugas ringan pun bisa menjadi beban yang berat bagi kita. Namun, jika kita bekerja dengan sukacita, kita akan siap dengan pekerjaan yang paling menantang sekalipun. Otak kita bisa berputar lebih cepat dan kita mengerjakan tugas dengan lebih ekselen. Pencapaian demi pencapaian pun kita raih. Tantangan dan rintangan itu pun dengan sendirinya menjadi anak tangga yang membawa kita semakin tinggi.

Itu sebabnya, penting bagi kita untuk bisa bekerja dengan sukacita. Bukan sekedar kerja keras, tetapi kerja sukacita. Karena kerja keras tanpa dibarengi dengan sukacita juga bukanlah jalan terbaik yang Tuhan inginkan bagi kita, anak-anak-Nya. Dia ingin agar kita melibatkan-Nya dalam segala pekerjaan kita. Bersama dengan Tuhan, kita bukan hanya akan menikmati tugas-tugas kita, tetapi pekerjaan kita akan selalu dipenuhi dengan anugerah dan mujizat. Dia akan membuat apa pun yang kita kerjakan berhasil, sehingga sukacita kita penuh. Bersama-Nya, setiap pekerjaan yang kita taburkan tidak akan sia-sia, tetapi mendatangkan tuaian besar, sehingga mujizat keuangan besar bukan lagi mimpi, tetapi kenyataan bagi kita. (MV.L)

RENUNGAN
KERJA PAKSA menjadikan beban, tetapi KERJA SUKACITA membuat kita menjadi PRODUKTIF.

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda menjalani pekerjaan Anda saat ini?
2. Mengapa kita perlu kerja sukacita?
3. Bagaimana agar Anda dapat mengubah cara Anda bekerja selama ini menjadi kerja sukacita?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami ingin Engkau terlibat dalam semua pekerjaan kami. Kami tahu, usaha keras kami hanya bisa menuai mujizat bila Engkau turun berperan dalam-Nya. Biarlah orang-orang melihat bahwa ketika Engkau ada dalam setiap pekerjaan kami, Engkau akan membuat perbedaan yang nyata bagi kami, sehingga nama-Mu pun semakin dipermuliakan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.