Rahasia mengakses hikmat dari atas

Rahasia mengakses hikmat dari atas

BACAAN HARI INI
Amsal 2:1-8

RHEMA HARI INI
Amsal 2:6 Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

“Kurenungkan firman-Mu, siang dan malam. Kupegang perintah-Mu dan kulakukan.” Ini adalah penggalan lagu yang mungkin sering kita nyanyikan sebelum atau sesudah mendengarkan khotbah dalam suatu kebaktian. Namun, apakah syair yang ada dalam lagu tersebut benar-benar diterapkan dalam hidup kita? Atau mungkin hanya sebatas ucapan bibir saja? Tanda seseorang mencintai sesuatu adalah ia akan mengingat apa yang disukainya dan bahkan rela melakukan apa pun demi yang dicintainya. Demikian juga jika kita sungguh-sungguh mencintai Tuhan, berarti kita akan mencari tahu dan melakukan apa pun yang menjadi kerinduan hati-Nya. Salah satu cara kita mengetahui isi hati Tuhan adalah dengan membaca firman Tuhan.

Daud adalah orang yang cinta Tuhan dan mencintai firman Tuhan. Mazmur 1 menceritakan tentang bagaimana ia merenungkan firman siang dan malam. Cara Daud merenungkan firman Tuhan memperlihatkan sekilas bagaimana kualitas cintanya kepada Tuhan. Bagi Daud, firman Tuhan bukan hanya tulisan, tetapi Pribadi yang hidup. Ketika ia menabur waktu dan hidupnya untuk firman, Daud pun menuai sesuatu yang ajaib. Ia memperoleh kebijaksanaan, akal budi, pengertian, dan pengajaran melampaui akal manusia biasa. Itulah hikmat dari atas.

Ya, hanya ketika cinta kita pada firman berkobar-kobar, maka kita akan membaca dan merenungkan firman dengan kehausan serta kelaparan yang sangat besar. Kita akan menyerap firman sebanyak mungkin dan membaca ayat demi ayat tanpa terasa. Saat kecintaan kita pada firman berkobar seperti inilah, hati Tuhan tersentuh, dan Dia akan berkenan untuk membukakan isi hatinya. Tuhan akan membukakan jalan yang terbaik bagi kita, Tuhan akan memberitahu kita kesempatan-kesempatan mendapatkan keuntungan besar yang tidak terlihat sebelumnya, dan Tuhan akan mengajari kita bagaimana kita harus mengambil keputusan. Jika seperti itu, kita tidak bisa miskin lagi, kita pasti hidup dalam mujizat keuangan besar. Oleh karena itu, semakin hari semakin cintailah firman Tuhan. (LEW)

RENUNGAN
Sadarilah bahwa CINTA FIRMAN TUHAN adalah rahasia mengakses HIKMAT DARI ATAS.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mencintai firman Tuhan sungguh-sungguh? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Adakah penghalang bagi Anda untuk mencintai firman Tuhan lebih lagi? Sebutkan !
3. Apa yang Anda lakukan agar firman yang Anda baca benar-benar hidup dalam kehidupan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur Engkau mengingatkan kami untuk lebih lagi mencintai kebenaran firman-Mu. Ajarkan kami selalu hidup dalam firman-Mu dan biarlah kami sungguh-sungguh mencintai firman-Mu serta melakukannya. Kami percaya hikmat dari atas itu akan Kau curahkan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.