Ciri orang berdedikasi bagi Tuhan

Ciri orang berdedikasi bagi Tuhan

BACAAN HARI INI
Filipi 2:1-11

RHEMA HARI INI
Filipi 2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Wanita pembawa lampu. Itulah panggilan Florence Nightingale. Wanita yang hidup di abad ke-19 ini lahir dalam keluarga kaya raya dan berstatus sosial tinggi. Namun, dibandingkan dengan kehidupan nyaman sebagai istri dan seorang ibu seperti layaknya semua wanita di kalangannya, Florence lebih memilih untuk melayani sesama. Meski ditentang keluarganya, ia memeluk profesi sebagai perawat. Pada tahun 1850, ia merasa Tuhan memanggilnya di pagi hari dan bertanya apakah ia akan berbuat kebaikan bagi-Nya bila tanpa reputasi. Jawaban Florence pun tercatat dalam sejarah kehidupannya.

Empat tahun kemudian, ia diutus sebagai bagian tim medis ke tengah Perang Krimea di Turki. Sepanjang musim dingin pertamanya di sana, sekitar 4.000 prajurit meninggal. Namun, perbandingan antara perajurit yang meninggal karena terinfeksi sakit-penyakit dan terluka karena peperangan adalah 10:1. Ia pun memperbaiki tingkat higienis dalam perawatan pasien, sehingga angka kematian turun dari 42% menjadi 2%. Selain itu, sementara petugas medis lainnya beristirahat di malam hari, ia tetap berkeliling mengawasi pasien sambil membawa lentera kecil. Meski Nightingale melayani tanpa mengharapkan apa-apa, tetapi apa yang dilakukannya menjadi fondasi dari profesi keperawatan modern. Jasanya pun dihargai dengan empat rumah sakit yang menggunakan namanya di Istanbul. Belum lagi sejumlah monumen, museum, buku, dan juga film.

Tak bisa disangkal, pengorbanan Florence Nightingale tak terhitung lagi. Ia telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, bahkan kehidupannya sebagai seorang wanita. Dedikasi tinggi seperti ini pun dibutuhkan dalam menyelamatkan jiwa. Sebab, tanpa pengorbanan besar, kita tidak mungkin bisa menjadi pembawa cahaya bagi orang-orang yang tinggal dalam kegelapan. Hanya ketika kita tidak lagi memikirkan kenyamanan hidup kita sendiri, Sang Sumber Kuasa akan mempercayakan urapan untuk berkuasa atas kita. Sehingga hal-hal kecil yang kita lakukan bisa menjadi dampak besar yang menggerakkan perkara-perkara yang lebih besar di depan kita. (MV.L)

RENUNGAN
Ciri orang BERDEDIKASI adalah PENGORBANAN: selamatkan jiwa BERAPA PUN HARGANYA.

APLIKASI
1. Mengapa pengorbanan bisa menjadi parameter dedikasi kita terhadap Tuhan?
2. Mengapa kita butuh berkorban besar bagi Tuhan?
3. Pengorbanan apa yang bisa Anda lakukan bagi pekerjaan dan panggilan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, bukalah telinga roh kami. Biarlah kami menyadari bahwa Engkau telah memberikan panggilan yang lebih tinggi kepada setiap kami. Bahwa hidup kami bukanlah tentang kami lagi, tetapi tentang Engkau dan apa yang ingin Engkau lakukan melalui kami. Ya, Tuhan, kami mau menjadi alat-Mu untuk melakukan perkara-perkara besar. Urapilah kami dengan urapan untuk berkuasa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.