Roh yang mengubahkan hidup

Roh yang mengubahkan hidup

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 2:1-41

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

Sebagai anak-anak Allah, kita pasti pernah merasa tergerak ingin berbuat sesuatu melihat keluarga, saudara, atau teman kita yang belum mengenal dan menerima Tuhan Yesus. Kita ingin mereka pun beroleh keselamatan dan hidup yang diberkati. Namun, sering kali kita tidak tahu harus berbuat apa dan mulai dari mana. Perasaan takut dan ragu pun bisa saja muncul.

Para rasul pun pernah mengalami hal yang sama. Setelah kematian Tuhan Yesus di kayu salib, kepercayaan diri mereka seakan-akan menguap. Iman mereka terguncang dan mereka memilih hidup bersembunyi. Sampai pada hari Pentakosta, saat semua umat Yahudi dari segala penjuru berkumpul untuk merayakannya, Roh Kudus dicurahkan di tempat para rasul berkumpul dan mereka pun kepenuhan Roh Kudus. Saat itulah, hati mereka diubahkan 180 derajat. Petrus bangkit dan menyampaikan kebenaran firman Tuhan dengan penuh kuasa. Ia bersaksi tentang Tuhan Yesus yang telah mengalahkan maut dan bangkit dari kematian. Hari itu pun, kira-kira 3.000 jiwa bertobat dan diselamatkan.

Petrus yang tiga kali menyangkal Yesus karena takut, Petrus yang sempat tidak percaya akan kebangkitan Yesus, Petrus yang hanya seorang nelayan yang tidak berpendidikan, Petrus yang sama inilah yang akhirnya menjadi seorang penyelamat jiwa yang luar biasa. Semua itu tak terlepas dari peranan Roh Kudus, Sang Sumber Kuasa yang memberikan perubahan dan keberanian pada seseorang hingga ia mampu menembus batas. Ya, hanya bila kita dipenuhi Roh Kudus, kita akan mampu melakukan berbagai perkara yang mustahil. Ketahuilah, Tuhan sedang melatih dan memperlengkapi setiap kita.
Tuhan mengajarkan untuk membangun pondok Daud, doa profetik, berjalan dalam iman, menaburkan benih profetik, dan sekarang mau memperlengkapi kita dengan urapan untuk berkuasa. Inilah cara Tuhan untuk membangkitkan kita menjadi pahlawan Allah yang gagah berani. (PF)

RENUNGAN
Roh keberanian MENGUBAH orang biasa menjadi PAHLAWAN PENYELAMAT JIWA.

APLIKASI
1. Apakah Anda pernah terbeban untuk memberitakan Injil pada orang-orang di sekitar Anda? Halangan apa yang Anda temui?
2. Dari manakah sumber kuasa yang mendatangkan keberanian?
3. Bagaimana Anda bisa memperolehnya?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, Engkau tahu kerinduan hati kami atas keselamatan jiwa-jiwa yang masih terhilang. Engkau pun tahu halangan dan kesulitan apa yang kami hadapi. Bapa, kami meminta roh Kudus-Mu memenuhi hati dan jiwa kami, memberi kami keberanian, hikmat, juga kuasa. Agar kami tahu apa yang harus kami lakukan untuk memberitakan Injil keselamatan dan membawa mereka kembali kepada-Mu. Dengan kuasa dari-Mu, kesaksian sederhana seperti apa pun akan mampu menjamah dan menggerakkan hati setiap orang yang mendengarnya. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.