Menangkap petunjuk roh kudus

Menangkap petunjuk roh kudus

BACAAN HARI INI
Ibrani 4:1-13

RHEMA HARI INI
Ibrani 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Bagaimana jika seorang gembala sidang menantang para jemaat untuk mengosongkan rekening dan memberikan semua hartanya pada Tuhan? Mungkin kita akan merasa was-was, bahkan mulai curiga. Namun, E. A. Adeboye berani mentaatinya. Ia sangat percaya bahwa tantangan yang disampaikan gembala sidangnya adalah firman dari Tuhan. Pada awalnya, keputusan Adeboye tampak bodoh dan konyol karena ia menjadi tidak mempunyai apa-apa lagi. Namun setelah itu, ternyata Tuhan bekerja sangat dahsyat dalam hidupnya. Tuhan mengangkatnya sampai ke level sangat tinggi. Pastor Adeboye kini adalah pemimpin The Redeemed Christian Church of God yang merupakan gereja terbesar di dunia. Sampai saat ini, gereja yang berpusat di Lagos Nigeria ini telah membawa pengaruh kepada 198 negara di dunia. Semuanya dimulai dengan ketaatan.

Penulis kitab Ibrani pun menjelaskan pentingnya sebuah ketaatan. Ibrani 4:1-13 mengingatkan kita untuk tidak berhenti bertekun dalam iman, dalam ketaatan, serta terus berusaha untuk memasuki rumah sorgawi umat Tuhan. Hal itulah yang dilakukan oleh Pastor Adeboye. Saat ia mendengar firman yang disampaikan, ia segera menangkap firman itu dengan antusias. Firman itu tidak lagi sekedar tulisan maupun perkataan, tetapi berbicara ke dalam hidupnya. Sehingga imannya bangkit dan ia berani melangkah sesuai petunjuk Roh Kudus.
Ya, untuk mendapatkan urapan penuh kuasa, ada satu kunci yang sangat penting yaitu ketaatan. Ketaatan itu dibuktikan ketika kita mengikuti tuntunan Roh Kudus. Karena itulah kita harus selalu mengarahkan hati dan pikiran agar peka menangkap petunjuk dari Roh Kudus dalam segala hal kehidupan kita. Pada saat kita bisa menangkap semua petunjuk Roh Kudus dan taat pada firman Tuhan yang hidup, kita pun akan menerima urapan untuk berkuasa dan mengalami mujizat besar.

RENUNGAN
Ketika kita MENGARAHKAN HATI dan PIKIRAN kita untuk menangkap PETUNJUK ROH KUDUS, firman tertulis akan menjadi FIRMAN YANG HIDUP.

APLIKASI
1. Bagaimanakah sikap Anda ketika mendengar dan membaca firman Tuhan?
2. Apakah Anda selalu mengamini dan mengambil komitmen atas setiap firman yang Anda dapatkan? Mengapa?
3. Komitmen apa yang bisa Anda ambil saat ini? Tuliskan dan lakukan doa profetik atas setiap komitmen tersebut!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau selalu menuntun dan menjaga serta memelihara kami. Kami bersyukur karena kami memiliki Alkitab yang kami percaya telah ditulis dan disusun oleh karena kuasa firman Tuhan dan Roh Kudus-Mu. Ajarkanlah kami untuk selalu mampu mengerti dan mentaati firman-Mu, karena firman-Mu adalah pelita dan terang bagi kehidupan kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.