Cara mendengar suara Tuhan

Cara mendengar suara Tuhan

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:5-26

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Seorang anak asyik bermain bola di pinggir sebuah kolam. Ayahnya yang sedang memotong rumput berada tak jauh darinya. Tiba-tiba si anak terpeleset dan tercebur ke dalam kolam. Anak itu menangis dan berteriak-teriak ketakutan memanggil ayahnya. Dalam kepanikannya, anak itu melihat ayahnya berseru-seru dari tepi kolam, tetapi ia tidak bisa mendengar suara ayahnya karena tertutup suara ceburan air dari tangan dan kakinya yang memukul-mukul air. Anak itu sudah hampir pingsan ketakutan ketika ia merasa tangan kuat ayahnya meraih tubuhnya. Sang ayah mendekapnya dan berkata, “Turunkan kakimu, Nak.” Tanpa berpikir, anak itu meluruskan kakinya, dan ternyata dasar kolam bisa terpijak olehnya. Walaupun air sampai ke bibirnya, tetapi tidak sampai membenamnya. Rupanya itulah yang tadi diseru-serukan ayahnya.

Sering kali kita pun tidak bisa mendengar suara Tuhan karena pikiran kita dipenuhi hal-hal lainnya, sehingga kita kehilangan “frekuensi yang sama” dengan Tuhan. Padahal, kemampuan mendengar yang baik dibutuhkan untuk bisa mentaati apa yang Tuhan perkatakan atau firmankan. Baru setelah itu, melalui gaya hidup kita yang taat, Tuhan bisa membawa kita naik level dan mempercayakan urapan untuk berkuasa dalam hidup kita.

Oleh karena itu, aktifkan manusia roh kita. Biarkan manusia jasmani kita dikuasai dan dikendalikan oleh manusia roh kita, baik dalam berbicara, bernyanyi, berdoa, berbahasa roh, dan merenungkan firman Tuhan. Perbanyak doa dan puasa. Bertobat dan meninggalkan dosa kita. Semua ini akan membuat manusia roh kita hari demi hari makin peka dalam mendengarkan suara Roh Kudus. Maka secara otomatis, kita pun akan mendapat petunjuk-petunjuk dari Tuhan. Begitu kita taat menjalankan petunjuk Roh Kudus, urapan untuk berkuasa akan bekerja dan menghasilkan mujizat-mujizat besar dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN
Kalau kita ingin MENDENGAR SUARA TUHAN, kita harus ada DALAM DIMENSI ROH, sebab ALLAH ITU ADALAH ROH.

APLIKASI
1. Mengapa penting bagi Anda untuk bisa mendengar suara Tuhan?
2. Pernahkah Anda mendengar petunjuk Roh Kudus? Soal apakah itu?
3. Bagaimana Anda bisa mempertajam telinga rohani Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, berikanlah kami hati seorang murid, yang selalu rindu untuk mendekat dan mencari hadirat-Mu. Rindu untuk mendengar petunjuk-petunjuk dari-Mu. Roh Kudus, penuhi dan kuasailah kami sepenuhnya. Beri kami hati yang taat seperti Abraham. Agar kami dapat menggenapi rencana-Mu dalam hidup kami dan membawa kemuliaan bagi nama-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.