Doa puasa dalam roh

Doa puasa dalam roh

BACAAN HARI INI
Yohanes 4:19-24

RHEMA HARI INI
Yohanes 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”

Mengadakan acara KKR merupakan tantangan yang tidak kecil. Terutama ketika KKR tersebut diadakan di lapangan terbuka dan di hari-hari hujan intens terjadi. Hati Vira pun ketar-ketir ketika ia dan teman-temannya ditunjuk sebagai panitia. Namun, kerinduannya melihat jiwa-jiwa dilawat Tuhan membuat Vira mengambil keputusan untuk mengajak teman-temannya berdoa puasa dengan sungguh-sungguh. Mereka meminta hujan tidak turun selama acara berlangsung, sehingga banyak jiwa boleh datang dan menerima lawatan Tuhan dan acara dapat berjalan dengan baik. Selama doa puasa, Vira dan teman-temannya tidak hanya meninggalkan aktifitas makan maupun minum, tetapi mereka juga tidak berkumpul dengan teman serta tidak nonton televisi. Selama tiga hari, mereka memilih untuk menyendiri, mencari wajah Tuhan.

Hari KKR pun tiba. Kuasa Allah benar-benar dinyatakan. Langit mendung sepanjang hari itu, tetapi hujan tidak turun sama sekali. Lapangan penuh dengan jiwa-jiwa. Acara berlangsung dengan sangat meriah, penuh dengan hadirat Tuhan, dan banyak jiwa dilawat secara luar biasa. Setelah acara selesai, panitia mulai membereskan semua peralatan. Tepat ketika perkakas terakhir dimasukan ke dalam mobil, hujan mendadak turun dengan sangat deras.

Saat kita berdoa puasa, kita perlu memahami bahwa kita tidak melakukannya untuk memuaskan keinginan hati kita. Justru, kita perlu menekan kedagingan kita, agar kita dapat mengarahkan hati dan pikiran kita pada keinginan Roh. Hal itu juga berarti mengalihkan aktifitas jasmani kita kepada aktifitas rohani. Sebab, apa yang mengisi pikiran kita akan mempengaruhi hati kita. Ketika keinginan hati kita diubahkan seturut pikiran dan perasaan Kristus, saat Tuhan berkenan atas isi hati kita, urapan dan kuasa Tuhan pun akan turun atas kita. Dia akan mengurapi kita dengan urapan untuk berkuasa, sehingga melalui kita, Dia dapat melakukan perkara-perkara besar dan memenangkan banyak jiwa.

RENUNGAN
Doa puasa yang benar adalah DOA PUASA DALAM ROH, yang dilakukan dengan HATI dan PIKIRAN yang TERFOKUS PADA TUHAN.

APLIKASI
1. Bagaimanakah doa puasa yang benar menurut Alkitab?
2. Apa maksudnya doa puasa dalam roh?
3. Bagaimana caranya supaya hati dan pikiran kita bisa sungguh-sungguh terfokus pada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih atas urapan untuk berkuasa yang Engkau curahkan atas kami. Ajar kami untuk memiliki fokus yang benar saat berdoa dan berpuasa, agar kemenangan, terobosan, serta urapan untuk berkuasa boleh sungguh-sungguh bekerja dalam hidup kami. Sehingga melalui kami, banyak jiwa boleh diberkati dan dimenangkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.