Menyingkapkan hati yang terselubung

Menyingkapkan hati yang terselubung

BACAAN HARI INI
2 Korintus 3:10-18

RHEMA HARI INI
2 Korintus 3:16-17 Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

“Ah, kalau mau foto-foto, jangan pakai HP-ku, pakai HP kalian saja,” ujar Mila saat sedang makan bareng teman-temannya. “Lho, kenapa Hp-mu?” tanya Rina bingung. Setahunya, ponsel Mila termasuk produk yang kameranya bagus. Mila pun mencoba mengambil foto makanan dengan ponselnya, dan sambil memperlihatkan hasilnya ia berkata, “Lihat, kan? Gambarnya buram dan gelap. Sepertinya kamera atau software-nya rusak.” Sejenak Rina memandangi ponsel Mila dan mengambil selembar tisu, kemudian ia menyeka lensa kamera di bagian belakang ponsel tersebut. Hasilnya, ketika Rina mengambil foto kembali, gambarnya terang dan tajam. Mila benar-benar tak habis pikir, ternyata masalahnya ada pada debu dan kotoran tak terlihat yang menumpuk di lensa kamera ponselnya.

Seperti lensa kamera yang menjadi kotor, seiring perjalanan kita sebagai orang Kristen, mata hati kita pun bisa terburamkan oleh “debu” dan “kotoran” dunia ini. Kalau kita tidak awas, segala ketakutan dan kekuatiran dunia perlahan-lahan akan menyelubungi hati kita dan membutakannya. Pada akhirnya, kita tidak lagi dapat menangkap kebenaran yang ingin Tuhan sampaikan melalui firman-Nya yang tertulis di Alkitab. Kita pun menjadi sulit percaya ketika membaca ayat-ayat firman tentang kesembuhan. Kita ragu; apakah semua itu berlaku untuk kita?

Hari ini, bila kita menyadari bahwa itulah yang sedang terjadi, segeralah mendekat kembali kepada Tuhan. Sebab Tuhan berjanji, kepada siapa yang membalikkan hatinya kepada Tuhan, Dia akan mengambil selubung itu dari hati kita. Bersihkanlah hati kita dari kekuatiran yang menumpulkan iman kita. Jangan pernah kompromikan “debu” sekecil apa pun itu, maka Tuhan pun akan mencelikkan mata hati kita dan menjadikannya terang. Rhema demi rhema serta pewahyuan yang menguatkan manusia roh kita dapat kita terima. Semakin hari, kita pun semakin mengenal-Nya dan kuasa kebangkitan-Nya, sehingga akhirnya mujizat kesembuhan besar bekerja dalam dan melalui hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Untuk bisa MENERIMA FIRMAN YANG HIDUP saat membaca firman Tuhan, maka SELUBUNG HATI kita harus DIAMBIL dari hidup kita.

APLIKASI
1. Hal apa sajakah yang saat ini menyelubungi hati Anda?
2. Mengapa selubung hati Anda harus diambil?
3. Bagaimana Anda dapat menyingkirkan selubung itu dari hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami akui ada banyak hal yang terjadi dalam hidup kami yang menjadi selubung hati kami, sehingga kami pun tidak dapat menangkap kebenaran firman-Mu. Ampuni kami, Tuhan. Kami mau kembali meneguhkan iman kami, celikkan mata hati kami, sehingga kami dapat menerima pewahyuan dari-Mu dan mujizat kesembuhan besar bekerja dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.