Belajar memperlakukan roh kudus sebagai pribadi

Belajar memperlakukan roh kudus sebagai pribadi

BACAAN HARI INI
Kolose 3:1-10

RHEMA HARI INI
Kolose 3:9b-10 Karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya;

Mengomandokan kapal untuk melintasi Atlantik adalah pekerjaan rutin Laksamana Sir Thomas Williams. Ia hanya mengunjungi Ascension Island, pulau yang hampir tak berpenghuni untuk mengumpulkan kura-kura, setahun sekali. Namun, suatu kali, saat hendak melewati pulau tersebut, ia merasakan desakan untuk mengarahkan kapalnya ke pulau tersebut. Ia yakin bahwa Roh Kuduslah yang sedang berbicara kepadanya. Ternyata benar, di pulau tersebut ia menemukan enam belas orang yang terdampar dan kelaparan selama berhari-hari. Kalau saja ia tidak peka mendengarkan suara Roh Kudus dan mempercayainya, tentu orang-orang tersebut tak terselamatkan.

Manusia adalah mahkluk sosial, tidak bisa hidup sendiri, pasti memerlukan orang lain. Setiap kita membutuhkan partner hidup atau penolong. Adalah sangat menyenangkan kalau penolong itu adalah pribadi yang Maha Kuasa, Maha Tahu, Maha Bijaksana, dan Maha segala-galanya. Kita tidak akan pernah kalah, kita tidak akan pernah jatuh, dan kita akan hidup penuh kelimpahan. Apakah itu mungkin terjadi dalam hidup kita?

Sangat mungkin. Kuncinya adalah Roh Kudus. Roh Kudus adalah Penolong yang diutus Allah Bapa untuk kita. Disaat kita memperlakukan Roh Kudus sebagai Pribadi yang bertakhta dalam hidup kita, Pribadi yang siap menolong kita, segala sesuatunya adalah mungkin. Kita akan hidup dalam dimensi ajaib Roh Kudus; kita bekerja dengan pimpinan Roh Kudus; kita melayani dengan kuasa Roh Kudus; kita belajar dengan tuntunan Roh Kudus; kita hidup berkeluarga dengan prinsip yang diajarkan Roh Kudus. Pasti Kita akan dibawa Tuhan naik level dan terus naik, dari kemuliaan kepada kemuliaan yang lebih tinggi lagi.

RENUNGAN
Berubahlah dan belajarlah MEMPERLAKUKAN ROH KUDUS sebagai PRIBADI, bukan sekedar pengalaman.

APLIKASI
1. Bagaimanakah Anda memandang Roh Kudus selama ini?
2. Mengapa Anda semestinya memperlakukan Roh Kudus sebagai Pribadi?
3. Bagaimana Anda dapat memperlakukan Roh Kudus sebagai Pribadi dalam keseharian Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau telah mengutus Pribadi Roh Kudus ke dalam hidup kami. Kami mau lebih mengenal lagi Pribadi Roh Kudus dari hari ke hari, agar kami pun semakin peka dan selaras dengan pikiran dan kehendak Kristus. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.