Kunci hidup di bawah kendali Roh Kudus

Kunci hidup di bawah kendali Roh Kudus

BACAAN HARI INI
Roma 8:1-17

RHEMA HARI INI
Roma 8:9a Tetapi kamu tidak hidup dalam daging, melainkan dalam Roh, jika memang Roh Allah diam di dalam kamu.

Sewaktu ibadah raya pagi, Pak Iwan mendapatkan roti perjamuan kudus bertuliskan sebuah ayat dari 1 Petrus 5:7 tentang bebas dari kekuatiran dan pemeliharaan Tuhan. Pak Iwan mengimani ayat tersebut sebagai rhema dari Tuhan untuk hari itu. Pak Iwan semakin bersukacita ketika membaca firman Tuhan siang harinya, ia kembali mendapatkan perenungan tentang bebas dari kekuatiran dan pemeliharaan Tuhan dalam Mazmur 23. Renungan tersebut sangat berhubungan dengan rhema yang telah diterimanya pagi itu. Pak Iwan sangat bersyukur bahwa Roh Kudus telah menuntunnya sepanjang hari.

Paulus mengajarkan bahwa kita harus hidup dalam roh. Sebagai Anak Allah, kita tidak boleh lagi hidup dalam daging, melainkan dalam pimpinan Roh. Di dalam cerita di atas, Pak Iwan mengimani ayat yang diterimanya sebagai rhema. Pak Iwan percaya bahwa rhema itu adalah janji Tuhan yang memberi jaminan untuk mengatasi segala persoalan hidup. Itulah hidup dalam roh. Pak Iwan memahami bahwa tidaklah mungkin ia bisa mengatasi semua persoalan hidupnya dengan kekuatan daging, tetapi ia mengimani pasti bisa menang dengan kekuatan dan pimpinan Roh Kudus.

Pak Iwan menerima rhema dengan iman. Pak Iwan melakukan rhema yang diterimanya dengan iman. Pak Iwan memperoleh kemenangan atas persoalan dan pergumulan hidupnya dengan iman. Iman itulah kuncinya. Iman adalah kunci agar kita bisa hidup di bawah kendali Roh Kudus. Dengan iman, kita bisa masuk dalam dimensi roh Allah. Saat kita di bawah kendali Roh Kudus, semua aktivitas yang tadinya kita lakukan secara jasmani, akan berubah menjadi aktivitas bersama dengan Roh Kudus. Pekerjaan kita, cara berpikir kita, cara berkomunikasi kita, pelayanan kita, cara hidup kita, karya kita, semuanya akan menghasilkan buah dari Roh Kudus. Saat iman mulai bekerja, kita akan berada di bawah kendali Roh Kudus. Saat itulah, kita mulai masuk dalam negeri Roh Kudus yang penuh dengan mujizat dan keajaiban.

RENUNGAN
IMANLAH yang akan MENGAKTIFKAN MANUSIA ROH kita dan akan membuat jiwa kita ada di bawah KENDALI ROH KUDUS.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda menyerahkan kendali hidup Anda pada Roh Kudus? Mengapa demikian?
2. Mengapa iman yang Anda miliki dapat mengaktifkan manusia roh Anda?
3. Bagaimanakah caranya agar hidup Anda selalu di bawah kendali Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur karena Engkau telah menganugerahi kami dengan Roh Kudus. Ajarkanlah kami untuk selalu memiliki iman yang benar yang akan membawa hidup kami berada di bawah kendali Roh Kudus-Mu. Kami percaya bahwa Roh Kudus-Mulah yang akan memampukan kami mengatasi setiap pergumulan dan permasalahan kami. Roh Kudus-Mulah yang akan membawa kami pada setiap kemenangan dan keberhasilan. Roh Kudus-Mulah yang membuat hidup kami penuh dengan mujizat. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.