Pribadi Roh Kudus

Pribadi Roh Kudus

BACAAN HARI INI
Yohanes 16:5-16

RHEMA HARI INI
Yohanes 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Satu tangan memegang pedang. Tangan lainnya mengangkat timbangan. Penutup mata melingkari bagian matanya. Ia dikenal sebagai Lady Justice, lambang sistem keadilan. Penutup matanya seolah memastikan bahwa ia akan mengambil keputusan sesuai fakta dan hukum yang berlaku. Tanpa memandang orang maupun status. Seperti itulah seorang hakim harus menunaikan tugasnya. Namun, suatu kali dalam suatu pengadilan, seorang hakim menghadapi sebuah dilema. Hatinya terusik. Jaksa penuntut sudah memaparkan bukti-bukti bahwa seorang nenek mencuri singkong. Faktanya berkata nenek itu bersalah. Masalahnya, nenek yang terlihat ringkih itu berkata bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit, dan cucunya kelaparan.

Sambil menghela nafas, sang hakim menjatuhkan putusan denda sebesar satu juta rupiah atau penjara selama dua setengah tahun. Setelah itu ia melepaskan topi toganya, membuka dompet, dan sambil menaruh satu juta rupiah ke dalam topi tersebut, ia berkata, “Atas nama pengadilan ini, saya juga menjatuhkan denda kepada setiap orang di ruang sidang ini sebesar 50 ribu rupiah, karena menetap di kota ini, kota yang membiarkan seseorang kelaparan sampai harus mencuri untuk memberi makan cucunya.” Alhasil, nenek itu pulang dengan membawa kelebihan dua setengah juta rupiah setelah membayarkan dendanya.

Seperti hakim yang identik dengan hukum dan memegang kekuasaan tertinggi dalam ruang pengadilan, sering kalinya kita lupa bahwa Roh Kudus yang besar kuasanya adalah Pribadi yang nyata. Meski Dia identik dengan kuasa, tetapi Dia bukanlah semacam kuasa atau kekuatan. Alkitab pun mencatat bahwa Roh Kudus bisa berduka (Yes. 63:10, Mat. 12:31, Ef. 4:30). Hal ini berarti Dia memiliki perasaan. Karena itu, tidak seharusnya kita hanya menginginkan kuasa-Nya saja. Kasihi Roh Kudus dengan tulus. Bangun hubungan yang intim dengan-Nya. Saat kita manunggal dengan-Nya, kuasa Roh Kudus akan mengaktivasikan manusia roh kita, sehingga kita pun bisa melakukan perkara-perkara ajaib bersama-Nya.

RENUNGAN
ROH KUDUS adalah PRIBADI YANG NYATA dan punya perasaan sekaligus PRIBADI YANG PALING BERKUASA.

APLIKASI
1. Bagaimanakah pandangan Anda tentang Roh Kudus selama ini?
2. Mengapa Roh Kudus adalah pribadi yang memiliki perasaan?
3. Bagaimana Anda dapat memperlakukan Roh Kudus dengan lebih baik mulai dari sekarang?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau telah mengutus Roh Kudus ke dalam hidup kami, sehingga kami boleh hidup dalam kebenaran-Mu. Roh Kudus, kami mau semakin mengasihi dan mengenalmu lebih lagi dari hari ke hari. Bimbinglah kami, sehingga kami bisa hidup dengan selalu menyadari kehadiran dan keterlibatan-Mu dalam keseharian kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.