Naik ke atas gunung

Naik ke atas gunung

BACAAN HARI INI
Matius 17:1-21

RHEMA HARI INI
Matius 17:1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja.

Sedia payung sebelum hujan, sebuah kata pepatah yang tentunya tak asing bagi kita. Artinya mengantisipasi atau berjaga-jaga sebelum masalah terjadi. Kita bersyukur atas setiap hari yang baru, kita masih diberi nafas, kesempatan, dan harapan yang baru. Di lain sisi, setiap hari baru berarti juga ada tantangan atau masalah baru. Kita tak pernah tahu apa yang akan kita hadapi hari ini. Karena itu kita harus menyiapkan diri untuk menghadapi keduanya, baik berkat maupun tantangan.

Tuhan Yesus sendiri memberikan teladan dengan mengajak tiga orang murid-Nya naik ke puncak gunung yang tinggi untuk berdoa. Tidak ada orang lain di sana kecuali mereka berempat. Di hadapan ketiga murid itulah, Yesus berubah rupa. Kemuliaan sorgawi tercurah dari atas membuat wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang (ay.2). Di atas gunung yang tinggi itulah, Yesus menerima pengurapan baru dari Roh Kudus. Kemudian, baru sesaat Yesus turun dari gunung, Dia diminta untuk menyembuhkan seorang anak yang kerasukan dan sakit ayan.

Melalui peristiwa ini, Tuhan sedang mengajari kita untuk mempersiapkan diri, sebab di bawah gunung, masalah sudah menanti. Ya, masalah dalam hidup kita memang banyak, itu sebabnya kita perlu naik ke atas gunung doa kita dan menerima kekuatan Allah. Supaya ketika kita turun, kita bisa menghadapi semua tantangan hidup dan meraih kemenangan. Awali hari dengan berdoa dan bersaat teduh. Masuk dalam keintiman dengan Roh Kudus. Ketika kita mulai menjalin persekutuan yang intim, manusia rohani kita diaktivasikan. Iman yang letih lesu dikuatkan. Pengharapan yang tertidur dibangunkan Kuasa Roh Kudus tercurah dan membakar kembali api yang telah meredup. Supaya kita tidak tertidur di akhir zaman ini, mari kita ambil waktu lebih banyak, lebih disiplin, dan lebih konsisten untuk membangun hubungan dengan Tuhan, maka kuasa Roh Kudus akan dinyatakan secara luar biasa melalui kehidupan kita. (PF)

RENUNGAN
Kita perlu NAIK ke atas GUNUNG DOA dan terima KEKUATAN ALLAH supaya kita bisa turun MENGHADAPI dan MENANG atas semua tantangan hidup.

APLIKASI
1. Bagaimana cara Anda memulai hari? Dengan persiapan atau berjalan secara spontan?
2. Perbedaan apa yang Anda rasakan bila Anda mengawali hari dengan bersaat teduh?
3. Bagaimana cara Anda melatih diri untuk disiplin dalam jam doa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur atas hari baru yang Kau berikan pada kami. Kesempatan bagi kami untuk memperbaharui segala sesuatu yang belum berkenan bagi-Mu dalam hidup kami dan kesempatan untuk melakukan pekerjaan untuk kerajaan-Mu. Biarlah Roh Kudus-Mu berkuasa atas kami, membimbing langkah-langkah kami pada hari ini agar apa pun yang kami hadapi hari ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.