Awal dari pemulihan keluarga

Awal dari pemulihan keluarga

BACAAN HARI INI
Yakobus 5:9-20

RHEMA HARI INI
Yakobus 5:16a Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh.

Sekian tahun menikah dan dikaruniai seorang putri cantik, Bagus dan Rani merasa kehidupan mereka normal-normal saja seperti layaknya keluarga lain. Suatu hari, kantor Bagus mengadakan gathering yang mengharuskan peserta datang bersama dengan pasangan masing-masing. Dalam satu permainan untuk memilih pasangan paling kompak, mereka dibagikan kertas berisi pertanyaan tentang pasangan. Tanggal pernikahan, apa yang disukai dan yang tidak disukai, warna kesukaan, makanan favorit, dan lain sebagainya. Suasana langsung riuh, semua mengisi pertanyaan dengan cepat. Namun Bagus dan Rani tampak kebingungan. Sewaktu mencocokan jawaban untuk menentukan pemenang, ternyata hanya 2 dari 15 pertanyaan yang mereka jawab dengan benar.

Hari itu mereka disadarkan, tanpa terasa selama ini mereka telah kehilangan kasih pada pasangannya. Mereka sibuk dengan dunia masing-masing, seolah tidak lagi saling membutuhkan. Benar, mereka masih serumah, masih satu ranjang, tetapi memiliki jam tidur sendiri-sendiri. Mereka pun tidak lagi saling merindukan saat Bagus tugas keluar kota. Mau tak mau, mereka mengakui mulai ada jarak diantara mereka. Bahkan para sahabat lebih tahu apa yang sedang dirasakan oleh masing-masing mereka. Bagus dan Rani akhirnya memutuskan untuk konseling dan ikut seminar keluarga, agar anggur baru dicurahkan dan rumah tangga mereka kembali harmonis.

Ya, banyak faktor yang bisa menyebabkan anggur kasih dalam keluarga kita berkurang. Konflik, gesekan, kesalahpahaman, dan goncangan yang tanpa sadar menghabiskan persediaan anggur kasih. Bila kita tidak mau mengakui atau menutup-nutupi seolah tidak terjadi apa-apa, maka akan sulit terjadi pemulihan. Dibutuhkan kejujuran dan keterbukaan, saling mengakui kesalahan, berani meminta maaf dan memberi pengampunan. Terutama, undang dan sediakan ruang bagi Yesus dalam keluarga kita. Dia Sang Pembuat Mujizat, yang mengubah air menjadi anggur yang manis. Kehadiran-Nya dalam keluarga kita akan mendatangkan mujizat pemulihan keluarga, sebab Yesus membawa kasih, damai, sukacita, saling menghormati, dan segala yang baik untuk keluarga kita. (PF)

RENUNGAN
Belajarlah JUJUR MENILAI keadaan keluarga kita, sebab KEJUJURAN dan KETERBUKAAN adalah AWAL DARI PEMULIHAN.

APLIKASI
1. Bagaimana kondisi keluarga Anda saat ini?
2. Apakah hal-hal yang menyebabkan hubungan keluarga menjadi renggang?
3. Bagaimana cara Anda mengundang Yesus masuk dalam keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, tanpa kami sadari kasih dalam keluarga kami telah menjadi hambar dan memudar. Komunikasi tidak lagi mudah dan ketidakpedulian mulai menjadi jurang pemisah bagi kami. Hadir dan tinggallah dalam keluarga kami, ya Yesus, Raja damai yang sanggup memulihkan dan mencurahkan anggur kasih yang baru bagi keluarga kami. Jadikan kami keluarga yang shakinah glory dan menyenangkan hati-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.