Tak ada kata terlambat dalam kamus Tuhan

Tak ada kata terlambat dalam kamus Tuhan

BACAAN HARI INI
Yohanes 11:1-44

RHEMA HARI INI
Yohanes 11:32 Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.”

“Sudah terlambat,” kata seorang wanita kepada sahabatnya, “Rumah tangga kami sudah tidak mungkin lagi diperbaiki. Suamiku bukan hanya pemarah dan keras kepala, tetapi ternyata diam-diam dia suka selingkuh. Aku tahu Tuhan tidak suka dengan perceraian, tapi aku tidak tahan lagi. Keramik yang pecah saja akhirnya dibuang, bagaimana dengan hatiku yang sudah telanjur hancur?” Percakapan seperti ini mungkin sudah sering kita dengar. Beberapa dari kita bahkan mungkin sedang mengalami atau merasakan hal yang serupa dengan wanita tersebut. Hubungan kita dengan orang terkasih sudah terlampau hancur dan aib yang mencemari hubungan keluarga tidak mungkin dihapuskan, kecuali kita dapat memutar waktu.

Saat Lazarus meninggal, Martha dan Maria sempat merasakan hal yang sama. Hal pertama yang mereka katakan ketika akhirnya Yesus datang: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.” Dengan kata lain, mereka berkata, “Engkau terlambat!” Namun, Tuhan membuktikan yang sebaliknya. Meskipun Lazarus sudah dibungkus kain kafan dan mayatnya sudah berbau karena sudah empat hari sejak kematiannya, dengan satu seruan dari Yesus, ia bangkit dan berjalan keluar dari liang kuburnya.

Ya, tak ada kata terlambat bagi Tuhan. Dia sanggup melakukan perkara-perkara yang sangat mustahil bagi nalar kita sekalipun. Orang mati saja Dia bangkitkan, apalagi rumah tangga atau hubungan keluarga yang hancur. Kalau kita mau membuka hati dan membiarkan-Nya bekerja, kita pun akan melihat bagaimana Tuhan memulihkan hubungan yang rusak dan menyegarkan kembali kasih yang telah kering. Bagaimanapun, Dia adalah Allah El Shaddai, Yang Maha Kuasa. Dia tidak terbatas ruang dan waktu. Tak ada pula situasi dan kondisi yang mampu menghalangi-Nya menyelesaikan pekerjaan-Nya dalam hidup kita. Percayalah, saat kita menyediakan ruang bagi Yesus dalam keluarga kita, Dia pun akan bekerja untuk memastikan mujizat pemulihan keluarga terjadi atas kehidupan keluarga kita. (MV.L)

RENUNGAN
Meski keluarga kita sudah TERLANJUR KEHABISAN anggur kasih, TIDAK ADA KATA TERLAMBAT dalam kamus Tuhan, sebab Dia ALLAH EL SHADDAI.

APLIKASI
1. Adakah hubungan dengan anggota keluarga Anda yang Anda pikir sudah tidak dapat lagi diperbaiki? Mengapa demikian?
2. Mengapa dalam kamus Tuhan tidak ada kata terlambat?
3. Bagaimana Anda dapat bekerja sama dengan Tuhan dan memulihkan keadaan keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, Engkau sungguh Allah yang dahsyat. Tak ada yang tak sanggup Engkau lakukan dan tak ada kata terlambat bagi-Mu. Tuhan, kami serahkan keluarga kami ke dalam tangan-Mu, apa pun keretakan maupun kerusakan yang terjadi, kami percaya Engkaulah Maestro kehidupan kami, yang sanggup menjadikan kehidupan keluarga kami indah kembali dan penuh dengan anggur kasih-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.