Jangan memperburuk keadaan dengan perkataan

Jangan memperburuk keadaan dengan perkataan
BACAAN HARI INI

Kolose 3:1-15

RHEMA HARI INI
Kolose 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Seusai ibadah, seorang ibu dan anaknya maju untuk altar call. Ibu itu memaksa dan setengah menyeret anaknya untuk maju menemui hamba Tuhan. “Pastor, tolong doakan anak saya. Anak ini nakal sekali, bandel, bodoh, tidak bisa diatur.” Pastor itu meminta pelayan Tuhan untuk membawa si anak ke belakang dahulu untuk menegur si ibu. “Ibu, tolong hentikan perkataan ibu. Tak ada gunanya saya tumpang tangan, selama ibu mengutuki anak ibu, apapun berkat yang saya berikan, dicuri oleh setan, oleh sebab perkataanmu. Ubahlah perkataan Anda.” Dan Pastor itu menuntun si ibu untuk mengubah perkataannya, bahwa ia berterimakasih pada Tuhan atas anak yang manis. Setelah mengucapkan pengakuan, Pastor mengundang si anak untuk di doakan, “Karena kamu itu mulia dan berharga di mata Tuhan. Kamu anak yang cerdas, anak yang pintar, didalam hatimu ada nurani yang baik.” Hari itu ibu dan anak rebah dalam kuasa Roh Kudus dan mengalami pemulihan.

Ketika pengakuan kita diubah, berubah jugalah keadaan kita. Apa yang kita akui dalam hidup kita, apa yang kita terus perkatakan, berkat atau kutuk, itulah yang akan kita alami. Sekalipun kita merasa istri kita keterlaluan, suami kita kasar, orang tua kita sewenang-wenang, anak-anak kita suka memberontak, firman Tuhan memberi nasehat kepada kita supaya tidak menggunakan perkataan untuk menambah buruk keadaan. Jangan kita malah mengesahkan atau memateraikan keadaan yang tidak baik dengan terus mengakuinya.

Percayalah kepada firman jangan kepada fakta, percayalah janji jangan pakai emosi. Jangan lihat perasaan, tetapi percayai firman dan akui itu. Gunakan perkataan yang baik untuk membangun, memperbaiki, mempercantik dan memperindah. Sehingga mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia. Perkataan yang baik membuat hati senang dan termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi. Perkataan yang baik menenangkan, menghilangkan prasangka dan kecurigaan hingga hubungan menjadi harmonis. Nubuatkan semua yang baik, yang indah dan yang manis untuk keluarga kita. Tuhan akan pakai perkataan profetik untuk mendatangkan mujizat bagi pemulihan keluarga. (PF)

RENUNGAN
HINDARI mengeluarkan perkataan yang dapat MEMPERBURUK KEADAAN dalam keluarga.

APLIKASI
1. Apakah ada diantara keluarga Anda yang mempunyai tabiat yang tidak baik?
2. Bagaimana perkataan Anda selama ini dalam merespon keadaan yang tidak menyenangkan?
3. Coba pikirkan perkataan apa yang akan Anda ucapkan untuk membangun dan memperindah keadaan keluarga Anda.

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus kami mau bersyukur untuk keluarga kami yang luar biasa. Ampuni bila kami lepas kendali dan mengeluarkan kata-kata yang jahat, kami cabut semua perkataan yang melukai hati keluarga kami. Berkati keluarga kami dengan damai sukacita, kesatuan dan saling mengasihi. Kami percaya mujizat pemulihan terjadi atas keluarga kami. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.