Perkataan profetik dalam percakapan sehari-hari

Perkataan profetik dalam percakapan sehari-hari

BACAAN HARI INI
Filipi 2:1-11

RHEMA HARI INI
Filipi 2:1 Jadi karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan,

Setiap hari, kita pasti melakukan percakapan dengan anggota keluarga kita. Pertanyaannya, sebagai orang yang sudah belajar dan mempraktikkan doa-doa profetik di gereja, kata-kata yang seperti apa yang sering kita ucapkan kepada keluarga kita? Di bulan-bulan pertama pernikahannya, setiap kali bertengkar dengan istrinya, Agus selalu melontarkan kata-kata yang kasar dan mengatakan agar istrinya, Dewi, kembali saja ke rumah orangtuanya. Suatu hari, menjelang tiga tahun pernikahan mereka, Dewi berkunjung ke rumah orangtuanya beserta kedua anaknya. Sejak saat itulah, ia tidak kembali lagi ke rumah Agus dan memutuskan untuk bercerai.

Pertengkaran dalam sebuah keluarga memang sangat sulit untuk dihindari. Namun, sebagai orang percaya, meskipun kita sedang bertengkar, seharusnya kita tidak mengeluarkan kata-kata yang negatif. Bukan hanya saat bertengkar, terkadang kita juga sering mengucapkan kata-kata negatif saat bercanda dengan keluarga. Tanpa kita sadari, perkataan kita sudah menghakimi, mengkritik, menyindir, bahkan melemahkan anggota keluarga kita. Akibatnya, hubungan kita dengan keluarga semakin lama semakin memburuk.

Hari-hari ini, kita sudah sering mempraktekkan doa profetik di gereja. Namun, tidak cukup bagi kita hanya berdoa profetik di gereja saja, kita juga perlu memperkatakan perkataan profetik dalam percakapan kita sehari-hari. Doa profetik dan perkataan profetik dalam percakapan sehari-hari haruslah sejalan. Karena dalam Kristus ada nasihat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, maka, sebagai pengikut Kristus seharusnya perkataan kita juga haruslah perkataan profetik untuk membangun keluarga kita, yang menghibur, memuji, dan menyemangati. Percayalah, saat doa profetik dan perkataan profetik kita sudah selaras, maka kuasa Allah yang dahsyat akan bekerja dalam keluarga kita dan mendatangkan mujizat pemulihan keluarga yang luar biasa.

RENUNGAN
TERUS PERKATAKAN perkataan profetik dalam PERCAKAPAN SEHARI-HARI dengan keluarga kita.

APLIKASI
1. Kata-kata yang seperti apa yang sering Anda ucapkan dalam percakapan sehari-hari dengan keluarga kita?
2. Mengapa kata-kata yang kita ucapkan berpengaruh pada hubungan kita dengan sesama anggota keluarga?
3. Apa komitmen Anda setelah mengetahui pentingnya mengucapkan perkataan profetik dalam percakapan sehari-hari dengan keluarga kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih sudah mengingatkan kami untuk tidak mengucapkan kata-kata negatif saat kami bercakap-cakap dengan keluarga kami. Mampukan setiap kami agar terus memperkatakan perkataan profetik yang membangun, menguatkan, menghibur, memuji, menyemangati dan mempercayai sehingga kami bisa mengalami mujizat pemulihan keluarga. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 51-52 ; Ibrani 9

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.