KUASA BESAR DI BALIK DOA PUASA

KUASA BESAR DI BALIK DOA PUASA

RHEMA HARI INI
2 Tawarikh 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Ketenangan dan keamanan di Yerusalem terusik ketika seseorang datang membawa kabar kepada raja Yosafat. Suatu laskar yang amat besar sedang dalam perjalanan untuk menyerang Yosafat dan rakyat Yehuda. Rasa takut menyerbu hati Yosafat setelah mengetahui musuh yang akan mereka hadapi adalah bani Moab, bani Amon dan sepasukan orang Meunim. Bani Moab dan bani Amon adalah bangsa pemuja berhala yang sangat keji. Jika kedua bani ini berperang, bukan tentara musuh saja yang dibinasakan, tetapi wanita dan anak-anak pun tak luput dari pembantaian.

Karena itu, ketika Yosafat mengambil keputusan untuk menyerukan kepada seluruh Yehuda untuk berpuasa, maka segenap keluarga mereka, bersama dengan istri dan anak-anak mereka turut berpuasa serta berseru kepada Tuhan. Keputusan bijak yang diambil oleh Yosafat, berkenan di mata Tuhan. Penyertaan Tuhan membuat bangsa Yehuda bahkan tidak perlu mengangkat senjata. Sebab ketika mereka sampai di medan peperangan, musuh-musuh mereka telah saling bunuh-membunuh sampai habis seluruhnya. Jarahan yang didapat bangsa Yehuda begitu banyaknya sehingga memerlukan waktu tiga hari untuk mengangkutnya.

Kuasa dari doa puasa banyak dituliskan di dalam Alkitab. Bagaimana bangsa pilihan Tuhan, ternyata justru kerap kali menimbulkan sakit hati Tuhan dengan kedegilan mereka. Namun sesuai dengan janji yang telah difirmankan-Nya, setiap kali bangsa Israel menyadari kesalahan mereka, bertobat, dan merendahkan diri mencari wajah Tuhan, maka Tuhan akan mengampuni lalu memulihkan keadaan mereka. Janji Tuhan ini pun berlaku bagi kita semua. Ketika kita menyadari begitu besar kesalahan kita, atau saat kita tidak mengerti mengapa begitu banyak masalah berat menyerang. Sewaktu kita bertekuk lutut dalam penyesalan yang mendalam, mengangkat tangan dan berseru kepada Tuhan dalam doa puasa, maka kita akan melihat kekuatan doa puasa bekerja serta kuasa Tuhan yang ajaib terjadi dalam hidup kita. Bukan kita yang berperang, tetapi tangan Tuhan yang memberi kemenangan dan memulihkan keadaan kita. (PF).

RENUNGAN
Ada KUASA YANG BESAR di balik DOA PUASA.

APLIKASI

  1. Apakah Anda pernah mengambil langkah untuk masuk dalam doa puasa? Apa yang mendasari keputusan Anda untuk melakukan doa puasa?
  2. Kuasa doa puasa apa yang pernah Anda alami dalam hidup Anda?
  3. Bagaimana Anda bisa mengambil komitmen lebih lagi untuk berdoa puasa?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami percaya akan besarnya kuasa-Mu. Engkau Allah yang melihat kesungguhan hati kami. Mengerti besarnya pengharapan dan pertolongan yang kami butuhkan. Kami memang tidak mampu, tetapi Engkau, Allah yang kami sembah, jauh lebih besar dari semua masalah yang kami hadapi. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.