Masuk level disiplin rohani yang lebih tinggi

Masuk level disiplin rohani yang lebih tinggi

BACAAN HARI INI
Ibrani 5:11-14

RHEMA HARI INI
Ibrani 5:12 Sebab sekalipun kamu, ditinjau dari sudut waktu, sudah seharusnya menjadi pengajar, kamu masih perlu lagi diajarkan asas-asas pokok dari penyataan Allah, dan kamu masih memerlukan susu, bukan makanan keras.

Ada harga yang harus dibayar ketika seseorang ingin mencapai suatu titik tertentu. Seorang atlet tidak akan menjadi juara jika dia malas berlatih. Seorang dokter tidak mungkin menjadi dokter spesialis jika dia tidak mau belajar dengan tekun. Seorang anak tidak akan naik kelas jika dia malas belajar. Seorang pegawai tidak akan mendapatkan promosi jabatan jika dia hanya bekerja asal-asalan dan tidak disiplin. Ya, diperlukan kesabaran, ketekunan, dan tentu saja kedisiplinan yang tinggi untuk mencapai sesuatu yang lebih besar.

Dalam hal rohani pun demikian. Jika kita ingin hidup dalam kuasa dan pengurapan Tuhan, kita harus sering melakukan latihan rohani. Di sini kita dituntut untuk giat melatih manusia rohani kita dengan berbagai latihan yang akan mendewasakan kita. Kita harus rutin melakukan doa, pujian penyembahan, membaca Alkitab, bahkan berpuasa. Jika kita sungguh-sungguh melatih kehidupan rohani kita, kita akan dibawa masuk ke dalam level disiplin rohani yang lebih tinggi. Seperti contohnya tokoh Alkitab yang bernama Daniel. Ia berdoa tiga kali sehari (Dan. 6:11) dan bahkan berpuasa, sehingga ia menjadi orang kepercayaan raja dan sering diluputkan dari rancangan-rancangan jahat manusia kala itu.

Untuk menjadi seperti Daniel, dibutuhkan komitmen dan disiplin rohani yang tinggi. Tidak mungkin kita akan memiliki kuasa, jika kita tidak mau berlatih. Oleh karena itu, pastikan bahwa dari tahun ke tahun, latihan rohani kita membawa kita masuk dalam level disiplin rohani yang lebih tinggi lagi, semakin serupa dengan Yesus, Guru dan teladan kita. Hanya dengan cara seperti inilah, maka impartasi kuasa Yesus akan mengalir juga dalam hidup kita. Dari waktu ke waktu, kuasa mujizat Tuhan akan semakin nyata bermanifestasi dalam hidup kita. Karena itu, jangan hanya menjadi orang Kristen biasa-biasa saja, tetapi tingkatkan jam-jam doa kita, bahkan doa yang disertai puasa. Percayalah, dengan doa puasa yang kita lakukan terus-menerus, Tuhan akan memberikan urapan berkuasa bagi setiap kita atas permasalahan, sakit-penyakit, maupun pergumulan hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Pastikan bahwa DARI TAHUN KE TAHUN, latihan rohani kita membawa kita masuk dalam LEVEL DISIPLIN ROHANI YANG LEBIH TINGGI lagi.

APLIKASI
1. Apakah kita sudah melatih kehidupan rohani kita secara rutin? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Adakah penghalang bagi Anda untuk hidup dalam disiplin rohani yang tinggi? Sebutkan!
3. Apa saja yang akan Anda lakukan untuk melatih kehidupan rohani Anda agar masuk dalam level disiplin rohani yang lebih tinggi?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk setiap waktu yang masih Engkau berikan dari tahun ke tahun ini. Kami rindu hidup kami terus mengalami peningkatan dalam disiplin rohani yang lebih tinggi lagi. Kami mau sungguh-sungguh melatih kehidupan rohani kami, sehingga kami menjadi anak-anak Tuhan yang penuh kuasa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.